Muhammad Lathif



Nama : Muhammad Lathif

NPM : 202246500814

Kelas : R3K

Mata Kuliah : Filsafat Seni

Dosen Pengampuh : Dr.Sn. Angga Kusuma Dawami M. Sn.


POINT POINT BAGIAN PENDAHULUAN



Objek kajian : Karya seni affandi “Barong dan Rangda”



Pendahuluan


Affandi Koesoema adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia. Affandi merupakan pelukis Indonesia paling terkenal di dunia internasional berkat gaya ekspresionis dan romantisnya yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa dan Amerika Serikat. Affandi tergolong pelukis produktif karena telah melukis lebih dari 2.000 lukisan.

ekspresionis adalah seni atau ekspresi seni adalah ungkapan perasaan para pelaku seni yang merupakan perasaan khusus yang dapat membangun nilai dan sikap. Munculnya perasaan ini bisanya dipicu oleh interaksi para pelaku seni dengan lingkungan sekitar.


Latar Belakang

Lukisan Affandi Barong dan Rangda adalah sebuah lukisan yang melambangkan pertarungan antara kejahatan dan kebaikan. Sebuah barong bergoyang dengan menari (pelindung seperti singa) mendominasi sisi kanan dari dua pertiga komposisi lukisan affandi yang dinamis ini. Personifikasi kejahatan, rangda (janda - penyihir), dengan taring yang panjang dan mata menonjol, yang terdapat di sebelah kiri. Bersama-sama mereka melambangkan pertempuran yang tidak akan pernah berakhir antara positif dan negatif, baik dan buruk dalam kekuatan kosmos. Dalam pertunjukan tari ritual yang diselenggarakan di halaman luar pura di Bali, mereka menampilkan satu sama lain dalam eksrpesi konfrontasi yang agak keras, rambut panjang mereka berputar-putar. Sebuah payung digambarkan di atas barong sebagai tanda kehormatan dan rasa hormat. Rangda memegang kain putih di tangannya, kuat sebagai senjata simbolis kekuatan magis bahwa dengan gelombang yang tiada henti darinya membuat musuh mereka tak berdaya, sebagaimana dalam hidup ini perjuangan melawan kejahatan, tantangan ataupun godaan tidak pernah berhenti, dan mereka datang silih berganti.


Tujuan Penelitian

Biografi singkat Affandi Koesoema “ Barong dan rangda”

Menganalisis unsur visual yang terdapat dalam lukisan “Barong dan Rangda” karya Affandi Koesoema.

Menginterpretasikan makna dan pesan yang ingin disampaikan oleh pelukis melalui lukisan ini.

Menilai pengaruh konteks budaya dan seni dalam pembuatan lukisan tersebut.


Rumusan Masalah

1. Bagaimanakah visualisasi konsep penciptaan lukisan barong dan rangda dari affandi?

2. Bagaimanakah visualisasi tema, bentuk dan teknik lukisan barong dan rangda ? 



Metode Penelitian

Observasi Visual dengan melakukan observasi terhadap unsur visual yang terdapat dalam lukisan, termasuk warna, komposisi, teknik lukis, dan detail-detail lainnya. serta memperhatikan bagaimana cara affandi mengimplementasikan aliran ekspresionisme dalam lukisan barong dan rangda

Comments

Popular posts from this blog

Penulisan karya ilmiah tahap 1

Mencari Refrensi-Refrensi yang relevan